Green Fire Pointer Nimas Ayu Sekarsari: PENDIDIKAN

Sabtu, 29 Desember 2012

PENDIDIKAN



“Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Daoed Joesoef.
Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan.
Bagi suatu bangsa yang ingin maju, pendidik harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
Setiap manusia memerlukan pendidikan, baik pendidikan formal yang didapat dari bangku sekolah maupun pendidikan informal yang didapat dari keluarga dan lingkungan sekitar. Pendidikan, yang dalam hal ini pendidikan formal di sekolah mempunyai manfaat yang begitu besar bagi manusia, di antaranya adalah untuk menjadikan manusia cerdas dan terampil, menjadikan manusia memiliki budi pekerti yang luhur dan berakhlak mulia, meningkatkan kualitas dan tingkatan hidup manusia, meningkatkan taraf hidup dan derajad hidup manusia,dsb. Semakin tinggi tingkat pendidikan manusia maka manusia tersebut akan semakin tangguh dalam mengarungi arus kemajuan jaman dan menjalani kehidupan. Pendidikan informal sangat bermanfaat untuk membentuk seorang manusia menjadi pribadi yang beragama kuat, berbudi pekerti luhur, dan berakhlak mulia.
Jadi, pendidikan sangat besar manfaatnya bagi kehidupan seseorang yaitu untuk menjadikan seseorang cerdas, terampil, beragama dan bermoral luhur, dan tangguh dalam menjalani kehidupan.