Green Fire Pointer Nimas Ayu Sekarsari: Pengertian Sel Dan Beberapa Fungsi Membran Sel

Minggu, 30 Desember 2012

Pengertian Sel Dan Beberapa Fungsi Membran Sel

Pengertian sel - Sel bisa diartikan sebagai gumpalan dari protoplasma yang berinti dan berfungsi sebagai komponen atau alat dalam membantu penyelenggaraan segala aktivitas untuk kebutuhan hidupnya. Selama pertumbuhan, sel akan berubah seiring dengan perkembangannya baik dari bentuk untuk menyesuaikan dengan fungsinya. Bentuk sel bisa epidermis, hal ini akan melindungi sel-sel lain dalam menyimpan persediaan makanan.

Sel berasal dari kata cella dimana memiliki arti sekumpulan partikel-partikel yang berukuran kecil dan membentuk suatu kesatuan terkecil dari makhluk hidup agar dapat melaksanakan suatu kehidupan. Pengertian sel sendiri mencakup dari beberapa hal yang berasal dari empat teori yakni unit struktural terkecil dari makhluk hidup, unit fungsional terkecil dari mahkluk hidup, pertumbuhan terkecil dari suatu makhluk hidup, serta unit hereditas terkecil dari mahkluk hidup.


pengertian sel

Dari inti membran sel-sel yang ada, terdapat dua jenis sel berdasarkan ciri-cirinya yakni sel prokariotik dan sel eukariotik:

a. Sel prokariotik
Sel prokariotik ini memiliki ciri sebagai sel yang tidak memiliki inti sel yang jelas hal ini disebabkan tidak adanya membran inti sel atau yang sering disebut nucleoid dalam sel ini. Diameter sel berukuran kurang lebih antara 1-10 mm, kromosomnya tersusun sirkuler, membran sel tidak membatasi organel-organel sel, serta sel ini mengandung 4 subunit RNA polymerase.

b. Sel eukariotik
Sel eukariotik ini memiliki membran sel yang membatasi organel-organel pada sel, subunit RNA polymerase banyak terkandung dalam sel, diameter sel ini ukurannya berkisar antara 10-100mm atau lebih besar daripada sel prokariotik, kromosomnya tersusun secara linier, memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti bernama nucleus, serta membran sel tersusun oleh fosfolipid.

Fungsi membran sel

a. Protein yang ada pada membran sel dapat berfungsi sebagai enzim
b. Membran sel dapat menjadi perantara antara bertemunya dua sel yang saling bersebelahan ataupun bertetangga
c. Sejumlah protein pada membran sel akan akan berfungsi sebagai resptor permukaan dari pesuruh kimia sel dan sel lainnya
d. Membran sel juga berfungsi sebagai perekat pada rangka sel atau sitoskelteon
e. Membran sel sangat berperan penting dalam menjalankan molekul-molekul dalam tubuh makhluk hidup baik untuk transpor mikromolekul ataupun makromolekul.

Dari pengertian sel yang ada, sudah jelas bisa dilihat bahwa sel sangat berperan penting dalam menjalankan dan menggerakkan segala komponen yang ada dalam tubuh serta menjalankan jaringan-jaringan yang berhugungan langsung dengan semua komponen tubuh suatu makhluk hidup.