Green Fire Pointer Nimas Ayu Sekarsari: Macam Penyakit Kulit Pada Bayi

Minggu, 30 Desember 2012

Macam Penyakit Kulit Pada Bayi


Biang Keringat
Macam penyakit kulit pada bayi yang pertama ini memang umum terjadi. Hal ini biasanya disebabkan karena panas, pakaian yang terlalu ketat ataupun terlalu tebal. Biang keringat atau dalam bahasa Jawa biasa disebut keringat buntet ini berupa bintik-bintik merah yang berair dan mengkilap, ada yang menyebabkan gatal tapi ada juga yang tidak. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua sebaiknya memperhatikan benar pakaian anak anda, sebisa mungkin kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti katun dan kenakan pakaian yang agak longgar sehingga terdapat rongga udara. Selain itu, sebaiknya anda juga rajin memandikan anak anda dan jangan lupa pake lotion anti gatal.

Cacar Air
Penyakit kulit ini biasanya diawali dengan demam dan sakit selama 2-3 hari sebelum timbulnya bintik-bintik berair dan kemerahan dengan adanya kerak coklat yang hampir terdapat di selurh tubuh. Meskipun cacar air ini bukan macam penyakit kulit pada bayi yang berbahaya, sebaiknya anda sebagai orang tua juga perlu waspada sebelum terjadi infeksi berlanjut. Oleh karena itu, jika anak anda mengalami penyakit kulit ini segera berikan salep antivirus dan juga bedak untuk mengurangi rasa gatal. Tak lupa juga anda senantiasa memperhatikan kebersihan anak anda dan jangan biarkan anak anda berkeringat terlalu banyak.

Dermatitis kontak
Macam penyakit kulit pada bayi yang terakhir ini merupakan inflamasi karena terpapar oleh bahan yang dapat mengiritasi dan menimbulkan reaksi alergi. Untuk mengatasi penyakit kulit ini dapat anda lakukan dengan pemberian salep hidrokortison.